Ikan Koi, jenis-jenis dan daftar harga

Asal Usul Ikan Koi : 
Ikan koi dalam bahasa latinnya adalah Cyprinus carpio L ikan ini pertamakali dikembangkan di Negara Jepang. Pada tahun 1820-an Negara Jepang berhasil menyilangkan beberapa setrain ikan mas (karper) menjadi ikan koi dengan varian warna yang menarik . Dari Negara Jepang popularitas ikan hias air tawar ini menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk ke Indonesia. Ikan Koi masuk ke Indonesia pada tahun 1962 yaitu oleh pangeran Akihito bersama Putri michoko, pangeran akito berkunjung ke daerah Bogor dan melihat ikan mas Indonesia dari ras kumpay. Setelah itu Akihito berkeinginan untuk menyilangkan ikan mas Indonesia dengan ikan karper jepang. Pada tahun 1980 indonesia mengirimkan beberapa ikan emas ras kumpay ke Negara jepang. Alhasil, pada tahun 1991 jepang berhasil membawa lima macam ikan koi silangan ke Indonesia. 


Jenis � jenis dan nama ikan Koi : 
jenis-jenis ikan Koi dapat kita bedakan berdasarkan Varian warna dan kulitnya : 
  1. koi kohaku  adalah jenis ikan koi yang memiliki corak berwarna merah dengan warna putih sebagai dasarnya. 
  2. koi kingirin adalah koi jenis yg memiliki warna perak dan warna hitam berselimutkan warna emas dibadannya 
  3. Koi Sanke adalah ikan koi yang bercorak warna hitam diatas warna putih atau warna dasarnya putih. Koi sanke dan koi kohaku memiliki kesamaan warna dasar yaitu warna putih. 
  4. koi hikari, Adalah Koi silver yang berwarna tunggal, koi ini jarang ditemukan dan bisa dibilang sangat langka . 
  5. koi doitsu showa adalah jenis koi yang memiliki corak warna merah dan putih dengan warna dasar hitam. berdasarkan fisiknya koi ini mempunyai sisik hanya dibagian punggung sisinya.
Daya tarik ikan koi terdapat pada warna-warni menarik yang sangat indah apabila dilihat dari atas permukaan air, karena itulah alasan ikan hias air tawar ini cocok dipelihara di kolam yang sangat besar bukan di aquarium.  

Ikan Koi Yang Bagus dan Berkualitas :
Tidak menutup kemungkinan ikan Koi yang kita pelihara menjadi sang juara dalam kontes. Maka ikan koi kita harus bener-bener kita pelihara dengan baik . Nah sebelum kita memelihara ikan koi, kita harus pandai memilih dan menyortir anakan/ bibit ikan koi. Hal � hal yang dapat kita perhatikan dalam memilih bibit ikan koi, diantaranya:

Pertama, kita harus memperhatikan ikan koi yang pertumbuhannya cepat atau bonsor. Cara mudah untuk melihat pertumbuhan koi yang cepat kita dengan membandingkan dengan seumurannya, kemudian kita pilih ikan koi yang ukuran badannya ideal, yaitu antara kepala, mulut, sirip harus seimbang.

Kedua, kita harus memperhatikan pola warna. koi yang memiliki pola warna yang baik yaitu yang memiliki warna yang unik dari yang lainnya, seperti yang memiliki warna yang cerah dan tidak kotor pada wajah, hidung dan kepalanya, warna tua dan murni jernih akan lebih baik, Koi warna putih pilih yang bersih dan tegas, Untuk warna hitam, warna juga tampak tua, tegas dan dalam warna cemerlang akan lebih baik terutama metalik. Selain warna, fisik juga harus lengkap tidak boleh ada yang cacat ataupun kurang, dari mulai sirip lengkap, muluttidak gompal dan mata normal.

Harga Ikan Koi :
Harga ikan Koi sangat vareatif sekali, dari mulai koi termahal sedunia yaitu Koi Ginrin showa dari Jepang yang panjangnya 76 cm yaitu harganya 50.000 poundsterling pada tahun 1986, sampai koi yang harganya sangat murah sekali yaitu koi yang ukurannya 3-5 cm harganya sekitar Rp. 2000-an ini banyak kita temukan dipeternak ikan koi yang ada di Negara kita.

Demikian ulasan mengenai Ikan Koi ini semoga bermanfaat dan jangan lupa simak pula beberapa artikel yang membahas ikan koi lebih detail dibawah ini :

Comments