Berbagai Macam Tips Merawat Ikan Koi yang baik

Bagi para penggemar ikan koi, pasti sangat membutuhkan informasi mengenai tips merawat ikan koi yang baik. Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang harganya cukup mahal. Keindahan ikan koi banyak menarik perhatian penggemarnya, sehingga tidak sedikit orang-orang yang menggemari ikan koi rela mengeluarkan banyak uang untuk memperoleh ikan ini.

Berikut ada beberapa macam tips merawat ikan koi yang baik :

1. Tips Merawat Ikan Koi Dengan Memperhatikan Kolam
Banyak yang mengira bahwa ikan koi hanya bisa hidup di dalam aquarium. Padahal sebenarnya pendapat tersebut tidak benar. Kenapa ikan koi banyak kita temui hidup di dalam aquarium? Karena ikan koi adalah jenis ikan hias yang paling pantas hidup di dalam sebuah tempat yang bagus. Padahal sebenarnya ikan koi bisa hidup dikolam apapun. Seperti kolam tanah, kolam semen, kolam taman, ataupun kolah terpal.
Untuk budidaya, kita bisa menyediakan kolam dengan luas 1,5 meter X 2 meter. Dengan kedalaman kolam kurang lebih 80 cm. Kedalaman kolam sangat diperlukan untuk menghindari ikan koi terkena paparan sinar matahari secara langsung yang bisa mengakibatkan pucat pada warna kulit.
2. Tips Merawat Ikan Koi Dengan Memperhatikan Air
Air kolam merupakan satu hal yang penting bagi berlangsungnya habitat ikan koi. Perhatikan selalu kebersihan kolam ikan koi. Gunakan filter berlapis untuk tetap menjaga kebersihan kolam ikan koi. Selain itu, perhatikan juga tingkat keasaman pada air. Tingkat keasaman yang bagus berkisar pada 6,5 hingga 8,5. Pastikan tingkat sirkulasi air juga baik dengan cara menyediakan pompa yang dapat mengalirkan 25 liter air per menit. Atau bisa juga kita mengganti airnya dua minggu sekali untuk menjaga kebersihannya.

3. Tips Merawat Ikan Koi Dengan Memperhatikan Pakan
Memberi asupan makanan yang baik akan sangat membantu tumbuh kembang ikan koi. Tak hanya perkembangannya saja. Namun juga menyangkut keindahan kulit dan bentuk ikan koi. Karena bentuk dan warna ikan koi inilah yang menjadi bahan penilaian mahal atau murahnya ikan koi.

Ada dua macam jenis makanan ikan koi. Pakan alami dan pakan buatan. Untuk pertumbuhan ikan koi, kita bisa memberinya makanan seperti wheat germ yang mengandung 32% protein. Pakan ini sangat menunjang perkembangan ikan koi. Sedangkan untuk membuat agar warna terlihat indah dan cerah, kita bisa memberinya pakan yang mengandung banyak karoten. Zat karoten banyak terdapat pada sea food. Seperti ikan salmon, kepiting, dan udang. Terdapat juga pada wortel. Semangka, sawi, kubis, ataupun cabe hijau. Itulah beberapa macam tips merawat ikan koi yang baik dan mudah bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Baca Pula :
>> Ikan Gupy Termahal di Dunia
>> Ikan Hias Termahal di Indonesia

Comments