Sosok Mungil Cantik Dan Luar Biasa Dari Nudibrach Di Lautan

Apa itu Nudibrach? Kedengarannya begitu asing ditelinga, benar kan? Tapi akan sangat familiar jika anda adalah seseorang yang suka mengeksplor mengenai biota laut.

Sudah semestinya anda tahu mengenai aneka macam biota laut. Meskipun tak semuanya harus anda ketahui dengan jelas. Sesuatu yang kami anggap unik dan lebih penting mengenai biota laut yang satu ini adalah warna tubuhnya yang sangat menggoda anda. Pantas saja jika setiap anda yang suka dengan keindahan akan sangat bangga bertemu dengan makhluk kecil di perairan ini.

Lalu apa sebenarnya? Singkat kata, ini adalah sejenis siput laut atau kelinci laut. Bentuknya mungil, memiliki kemampuan yang luar biasa di lautan, dan sangat unik. Bagi penyelam, menemukan jenis siput laut ini adalah salah satu hadiah yang paling indah karena warnanya yang indah dipadukan dengan bentuk yang mungil seakan menggoda untuk diajak berfoto.

Siapa sih yang tidak ingin mengabadikannya? Setiap penyelam akan sangat suka mengabadikannya. Ada ribuan jenis Nudibrach di lautan, dan tentunya memiliki ciri-ciri khusus yang akan membedakan satu sama lainnya.

Pembagian Siput Laut
Seperti yang sudah kami katakana sebelumnya jika jenis siput laut ini ribuan. Meskipun ribuan, namun ada pembagian khusus yang akan membuat anda lebih tahu mengenainya. Secara umum, siput laut ini terbagi menjadi dua golongan yaitu aeolids dan dorids. Dari sinilah, anda akan mengetahui perbedaan yang cukup mencolok.

Untuk golongan aeolid ini, cirinya adalah memiliki cerata dan dari beberapa jenisnya memiliki kemampuan khusus yaitu mampu untuk menyerap zooxanthella. Sedangkan untuk dorids, anda akan menjumpainya dengan ciri-ciri khusus yaitu memiliki insang yang bercabang. Tempatnya berada tepat dibelakang tubuhnya.

itulah ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh kedua golongan tadi. Ketika anda menyelam dan menemukan siput laut, coba perhatikan ciri-ciri khususnya, maka anda akan tahu jika itu tergolong kedalam dorids atau aeolids. Meskipun terdapat perbedaan yang cukup mencolok, namun juga memiliki persamaan yaitu sama-sama indah sebagai penghias lautan.

Kemampuan Yang Dimiliki Oleh Siput Laut
Salah satu keunikan dari Nudibrach ini adalah tidak memiliki cangkang. Namun, bukan berarti jika siput laut adalah salah satu biota laut yang rentan sekali dengan serangan predator. Ada keunikan khusus yang dimiliki oleh siput laut ini, yang pasti akan membuat anda kagum.

Pertama adalah kemampuannya dalam menyerap racun atau bahan-bahan kimia yang ada di dalam makanannya. Menariknya, racun-racun tadi diolah menjadi salah satu pertahanan yang akan menjaganya dari serangan predator lainnya. Contoh siput laut yang memiliki kemampuan ini adalah Nembrotha Kubaryana.

Kedua adalah kemampuannya dalam melakukan mekanisme fotosintesis seperti yang terjadi pada tumbuh-tumbuhan. Dari hasil mekanisme tadi dapat memberikan asupan makanan yang cukup untuknya. Maka tak heran jika saat ini jenis biota laut ini sangat diminati untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Demikianlah sekilas mengenai Nudibrach yang menjadi sosok cantik, mungil, namun memberikan banyak hal yang mengagumkan.

Comments