Langkah-Langkah Dalam Budidaya Ikan Mas Koki Yang Perlu Anda Ketahui

Budidaya ikan mas koki sudah lama ngetrend. Bahkan diperkirakan telah lebih dari ribuan tahun ikan ini dibudidayakan. 
Sebelum ikan-ikan hias lainnya bermunculan saat ini, ikan mas sudah menjadi primadona ikan hias dikalangan umum. Bentuknya yang cantik, indah, imut dan gimana lagi, anda yang tambahi lah. Memang kami anggap bahwa ikan ini memang benar-benar memberikan situasi yang ceria dengan bentuknya yang menggemaskan, seakan pemiliknya ingin bercanda dengannya.
Ikan mas koki telah menempati ruang di hati pecinta ikan hias. Buktinya anda sendiri ingin mencari tahu selengkap-lengkapnya mengenai ikan tersebut. Bahkan anda ingin membudidayakan segala, bener kan? Nah, kami akan membantu and kok. Anda akan tahu cara budidaya ikan mas koki yang lebih mudah namun perlu anda jangan mengentengkannya, pasalnya ikan ini cukup rewel dibanding dengan jenis ikan hias lainnya. Langsung saja ke hal yang pertama saja.  

Pertama: Sediakan Kolam Ukuran 1 X 2 Meter
Usahakan untuk membuat sebuah kolam yang sesuai dengan yang anda inginkan. Setidaknya ukuran yang akan anda gunakan adalah seperti yang kami sebutkan di atas. Disini anda seharusnya menempatkan kolam dimana anda juga mempersiapkan penerangan. Ini tentunya akan membuat ikan tidak lagi stress. Selain itu, usahakan agar kola mini memiliki suhu sekitar 24 � 28 derajat celcius karena ikan jenis ini hidup sehat dalam suhu seperti itu.  

Kedua: Isi Air Jernih Dan Tambahkan Enceng Gondok 
Hal kedua sebelum anda budidaya ikan mas koki ini adalah menetralkan kolam dulu agar terlihat begitu alami. Hal ini dimaksudkan agar ikan dapat beradaptasi dengan mudah sewaktu anda memasukkannya ke dalam kolam.  
Ketiga: Seleksi Indukan Yang Berkualitas 
Untuk budidaya yang baik, anda harus lebih cermat. Kualitas indukan yang anda pilih akan menentukan budidaya yang sehat. Lalu bagaimana menyeleksinya? Anda hanya perlu memilih indukan jantan dan betina yang sudah berumur 8 bulan. Pada usia tersebut, ikan mas koki sudah mulai dalam tahap reproduksi yang baik, dan pas jika anda ingin memperbanyaknya.  

Keempat: Mengangkat Indukan 
Setelah anda menyeleksi dan memasukkan indukan dalam kolam, anda perlu menunggu kurang lebih satu minggu dimana ikan-ikan tersebut sudah mulai bertelur. Anda bisa melihatnya menempel di akar-akar enceng gondok. Setelah ini, silahkan anda angkat ikan mas koki tersebut. Pindahkan ketempat lainnya untuk memperbanyak lagi. 

Kelima: Beri Makan Anakan Ikan 
Pada tahap pertama setelah anda mengangkat indukan, hari berikutnya telur akan menetas dan ikan muncul. Biarkan dulu selama 4 hari karena ikan kecil tadi sudah makan cangkangnya. Setelah 4 hari berlalu, silahkan beri makan kutu air kira-kira 2 sendok dalam sehari. Setelah sampai 2 bulan, ganti dengan cacing rambut untuk pembesaran, dan setelah dewasa anda bisa memberinya dengan pelet atau jentik nyamuk sehari cukup 2 kali saja. 
Nah, itulah caranya. Silahkan anda terapkan untuk budidaya ikan mas koki di rumah.

Comments